Minggu, 07 Juni 2009

EADC best 47!!!

HASIL SELEKSI PROPOSAL EAGLE AWARDS 2009 TAHAP 1
Mulai tanggal 1 hingga 5 juni 2009 lalu telah dilakukan seleksi proposal tahap ke 1. Namun dari penjurian tersebut hanya 47 proposal yang berhak masuk pada tahap seleksi selanjutnya yaitu mendapatkan 22 proposal terbaik :


1.Tunggul Banjaransari dan Sri Ningsih – Karang Anyar, Jawa Tengah
“Aku Bukan Pedagang Anak”

2.Agrha Adi Prayogo dan Lilis Sucahyo – Bogor, Jawa Barat
“Sang Pengumpul Asap”

3.Agus Hekso Proklamanto dan Dalu Karunia Putra – Surabaya, Jawa Timur
“Maestro Tarembu”

4.Andreas Suryanto dan Alip Aditya Herlambang – Klaten, Jawa Tengah
“Karyaku adalah Amalku”

5.Andreas dan Martinus Wahyu Ristyadi – Karang Anyar, Jawa Tengah
“Wanita Jadi – jadian”

6.Arif Kurniar Rakhman dan Sri Ningsih – Yogyakarta
“Seniman Roti”

7.Hardiyansyah Bama Saputra dan Mochamad Aviv Nur Chairullah – Malang, Jawa Timur
“Pendekar Gunung Lemongan”

8.Denny Surahman dan Aziz Hidayat – Depok, Jawa Barat
“Sekolahku di Terminal”

9.Devi Al Irsyadiah dan Eko Rejoso Prabowo – Yogyakarta
“Bukan Negeri Sampah, Bukan Bangsa Pengemis”

10.Diyan Nur Rakhmah W dan Pranatawati Nur Tsani – Bogor, Jawa Barat
“Gelagah Sang Arjuna”

11.Doddy Krisnamurti dan Adhelia Christi Gunawan – Surakarta, Jawa Tengah
“Di balik Abu – abu”

12.Made Dwi Priyatna Indrawan, S.Sn dan Franky – Denpasar, Bali
“Wine Salak Bali Untuk Indonesiaku”

13.Syamrotun Fuadiyah dan Fikriana Mahar Rizqi – Surakarta, Jawa Tengah
“Kotaku Kreatif”

14.Ginanjar Teguh Iman dan Herlina Ratnafuri, Magelang, Jawa Tengah
“Dunia Kecil Dalam Kotak”

15.Lidia KristiI Afrilita dan Nando Akmal – Padang, Sumatre Barat
“Padang In Carnaval”

16.Lindawati, ST dan Laillina Mardhiyati – Semarang, Jawa Tengah
“Tarian Ombak di Tangan Sang Kreator”

17.Lingga Murni Andarini dan Raden Lasmi Teja Raspati – Bandung, Jawa Barat
“Topeng Monyet”

18.Kharisma Listyantama Junandharu dan Ganjar Ahadiyat – Surabaya, Jawa Timur
“Di balik Denting Gitar”

19.Tri Subekso dan Dwi Apriyanti – Semarang, Jawa Tengah
“Pawang Tulang”

20.Retno Anggraeni dan Windi Listianingsih – Bandung, Jawa Barat
“Pasir Besi dan Para Santri’’

21.Fransiskus Ricky Setiawan dan Tita Dian Wulansari – Tangerang, Banten
“Republik Angkringan”

22.Rico Dhany Samodro dan Intan Dwi Purnomo – Solo,Jawa Tengah
“Orkestra Anak 1001 Goa”

23.Sazkia Noor Anggraini dan Liu Yulianti – Yogyakarta
“’Kenali Lagi’ Dangdut dari MC-nya”

24.Suhaili dan Vera Efriani – Bandung, Jawa Barat
“000.000 = 000.000.000”

25.Ita Khoiriyah dan Wulan Damayanti, Yogyakarta
“Jamu Goes To Caffe”

26.Titis Arty Pamungkas dan Siti Khatijah – Salatiga, Jawa Tengah
“GRAFFITI : Sentuhan Kreatifitas pada Dinding”

27.Tunggul Banjaransari dan Sri Ningsih – Karang Anyar, Jawa Tengah
“Di bawah bayangan Hirearki”

28.Wahyuddin dan Darul Syahdanul – Makassar, Sulawesi Selatan
“Berkah Besi Tulangan”

29.Luhki Herwanayogi dan Ardi Wilda Irawan, Yogyakarta
“Dalang Bengal dari Tegal”

30.Yose Hendra dan Azwar Nazir – Padang, Sumatra Barat
“Penemu Cabai Terpanjang di Dunia”

31.Yuni Puji Lestari dan Khusnul Khitam – Yogyakarta
“Agel Award di Kulon Progo”

32.Jumanto dan Sn. Anggita – Jakarta
“’Kuda Besi’ dari Gunung Cikurai”

33.Kuncoro Indra Kurniawan dan Kukuh Yudha Karnanta – Surabaya, Jawa Timur
“Luru Ilmu”

34.Kharisma Rogo Dahono dan Satya Sandida – Semarang, JawaTengah
“Katrol Untuk Labi –labi ku”

35.Ika Sagita dan Dina Heriyati – Malang, Jawa Timur
“Jejak Sang Maestro Berbuah Uang”

36.Jatmiko Wicaksono dan Dian Safitri – Boyolali, Jawa Tengah
“Celengan Sampah”

37.Musrifah dan Husnul Hotimah - Gresik, Jawa Timur
“Lagu Anak yang Berdetak”

38.Romanudin dan Susilo Bermadi – Jakarta
“Bengkel di atas Roda”

39.Nur Indah Syamsiyati dan Ahmad Syafi’i – Jember, Jawa Timur
“Mengais Tulang Kehidupan”

40.Rifqi Suprapto dan Anton Cahyono –Yogyakarta
“Pizza Telo”

41.Redian Tandiana dan Dian Merdekawati – Sumedang, Jawa Barat
“Harmoni Di Balik Sampah’

42.Septian Firmansyah dan Yanuar Mohamad Marda – Bandung, Jawa Barat
“BCCF: Satu Kota untuk Satu Indonesia”

43.Taufan Agustiyan Prakoso dan Mohammad Abdul Malik – Malang, Jawa Timur
“Merajut Impian Dibalik Catwalk Jalanan”


44.Fiqih Maulana Yusuf dan Kiki Febriyanti – Jember, Jawa Timur
“Aku Dan Karyaku”

45.Farid Syafrodhi dan Indar Wahyu Hidayat – Semarang, Jawa Tengah
”Kupu-kupu yang mengantngi Dollar”

46.Bambang Rakhmanto dan Ryo Hadindra Permana – Depok, Jawa Barat
“Gorila Dari Gang Buntu”

47.Ali Machmudin dan Riza Noerinda Lubis – Sidoarjp, Jawa Timur
“Kampoeng Inggris di Sudut Pare”

Senin, 25 Mei 2009

the saddest SONG

MASIH UNTUKMU

Indah saat denganmu
cinta yang terbaik sepanjang hidupku
kini hanyalah mimpi
menatap dirimu kembali disini bersamaku lagi
dengarlah kasih, ku meridukanmu

Chorus:
masih untukmu kusimpan cintaku
walau kau telah lupakan aku
tak ada yang mampu menggantiknmu
masih untukmu semua rinduku
walau semua takkan kembali
biar ku mencintai dalam hati


Bukan Kekasih Setia
Kau yang mencintaiku
aku tak pantas memilikimu
aku telah melakukan kesalahan yang berulang
sungguh bukan maksudku
tuk mengkhianati cintaini
tapi memang kubukan kekasihmu yang setia

Chorus:
maafkan aku melukaimu hatimu lagi
ku ingkari segalanya cintamu dan kesetiaanmu
salahkan aku bila cinta menyakitkan lagi
dan walaupun mencoba bertahan hatimu kan tetap terluka
kurela kau pergi meninggalkanku


Seperti Pelangi

seperti pelangi cintamu dihatiku
walau indah kurasa kau tak mungkin disini
disisiku
ada dihatimu hanya aku cintamu
melukiskan inginku walau kini ku menegerti
kau bukan untukku
harusnya kutak pernah mencintamu
walupun semuanya indah
kau yang tak mungkin kumiliki
seperti pelangiku
hanya bisa menatapku
inginku melupakanmu
namun selalu kurindu
tak ingin kusesali wlau selalu dihatiku











ohhh pagi yang menyebalkan karena seekor elang

wahhh gilee bener,,bangun pagi2 belom mandi langsung minggat ke TIKI buat ngirim proposal eagle awards...Gw buru2 cos takutnya gak diterma ma metro tv secara hari ini 25 mei terakhir syarat2 diterima ma mereka....jelas aja gw takut bianggeeettttttttttttt*hahah kenape pake bianggettt sih* lebai, iyah jelas ja gw takut gak diterima, soalnya dari sabtu mpe mingu gw mati2an ngerjain tuh proposa sendirian,tim gw lagi gak ada d TKP soalnya...
Tapi syukur deh, abis plang kuliah gw browsing n langsung tanya2 k CP nya di jakarta lewat facebook*makasih facebook lw udah jadi perantara gw buat nglegain hati gw*hahahah,pas gw tanya,,*kalo hardcopy proposalnya datengnya telat gmana?apa masih bisa dtrima?* n dia jawa"iya bisa batas toleransi untuk hardcopy adalah tgl 27"....
dalam hati gw"SIALLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLL" tau gitu gw gak buru2 ngirim ke TIKI,,mana belommm mandi,,kan malu gw ma mbak2 TIKI nya..hahahahahahha..

Jumat, 24 Oktober 2008

REpost,,10 tradisi yang mengerikan

Sebagian besar tradisi ini sekarang merupakan bagian dari sejarah dan dianggap paling kejam atau jahat. Namun beberapa diantaranya dihentikan baru-baru ini. Ini adalah daftar 10 tradisi yang aneh yang sekarang kebanyakan sudah hilang dari peradaban manusia.

1. Foot Binding


Foot Binding atau pengikatan kaki adalah tradisi menghentikan pertumbuhan kaki perempuan zaman dahulu yang terjadi di China. Tradisi ini telah menghadirkan penderitaan besar bagi para perempuan China pada masa itu. Pengikatan kaki biasanya dimulai sejak anak berumur antara empat sampai tujuh tahun. Masyarakat miskin biasanya terlambat memulai pengikatan kaki karena mereka membutuhkan bantuan anak perempuan mereka dalam mengurus sawah dan perkebunan.

Pengikatan kaki dimulai pada masa akhir dinasti Tang (618-907) dan mulai menyebar pada golongan kelas atas sampai pada zaman dinasti Song (960-1297), pada zaman dinasti Ming (1368-1644) dan dinasti Qing (1644-1911), budaya mengikat kaki menyebar luas dalam mayoritas masyarakat China sampai akhirnya dilarang pada Revolusi Sun Yat Sen tahun 1911. Kelompok yang menghindari adat ini hanyalah bangsa Manchu dan kelompok migran Hakka yang merupakan kelompok paling miskin dalam kasta sosial China. Kebiasaan mengikat kaki ini berlangsung selama sekitar seribu tahun dan telah menyebabkan sekitar satu milyar wanita China mengalami pengikatan kaki.

Pengikatan kaki dilakukan dengan cara membalut kaki dengan ketat menggunakan kain sepanjang sepuluh kaki dengan lebar dua inchi, melipat empat jari kaki ke bagian bawah kaki dan menarik ibu jari kaki medekati tumit. Hal ini membuat kaki menjadi lebih pendek. Pembalut kaki semakin diketatkan dari hari ke hari dan kaki dipaksa memakai sepatu yang semakin kecil. Kaki harus dicuci dan dipotong kukunya karena kalau tidak akan membuat kuku-kuku kaki di kaki yang diikat menusuk ke dalam dan menimbulkan infeksi.

Jika balutan terlalu ketat maka dapat timbul buku-buku di kaki yang harus dipotong dengan pisau. Kemudian kaki juga harus dipijat dan dikompres dingin dan panas untuk sedikit mengurangi rasa sakit. Pengikatan kaki membuat siklus darah tidak lancar sehingga dapat membuat daging kaki menjadi busuk dan kaki dapat mengeluarkan nanah. Semakin kecil kaki seorang gadis maka akan semakin cantik ia dipandang. Panjang kaki seorang gadis hanya berkisar 10-15 sentimeter saja.



2. Self Mummification


Sokushinbutsu adalah rahib Buddha atau imam yang didakwa menyebabkan kematian dengan cara menjadikan mereka jadi mumi. Praktek ini dilaporkan terjadi hampir secara eksklusif di utara Jepang sekitar Prefektur Yamagata.terdapat Antara 16 samapai 24 mummi yang telah ditemukan.

Tiga tahun para imam hanya makan diet khusus yang terdiri dari kacang-kacangan dan biji-bijian, Mereka kemudian hanya makan kulit dan akar dalam waktu tiga tahun dan mulai minum teh racun yang dibuat dari getah pohon yang Urushi,yang biasanya digunakan untuk laka mangkuk. Ini menyebabkan muntah dan cepat hilangnya cairan tubuh, dan yang terpenting, mematikan anggota tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh yang bisa menimbulkan kematian.

Akhirnya,pada mummifying biarawan akan mengunci dirinya dalam kubur batu yang ukurannya hampir tidak lebih besar dari tubuhnya, di mana dia tidak akan bergerak dari posisi nya.penghubung ke dunia luar adalah tabung udara. Setiap hari ia mengingatkan pada agar orang-orang di luar bahwa ia masih hidup.


3. Eunuchs


Eunuchs disebut juga kasim,seorang laki-laki yang kehilangan kesuburannya karena kemaluannya telah dibuang dengan sengaja atau karena sebab-sebab lain.Catatan-catatan paling awal tentang pengebirian dengan sengaja untuk menghasilkan orang kasim berasal dari kota Lagash di Sumeria pada abad ke-21 SM. Sejak itu, selama beribu-ribu tahun orang kasim bekerja di berbagai kebudayaan seperti pelayan istana atau pelayan rumah tangga, penyanyi laki-laki dengan suara tinggi, petugas-petugas keagamaan khusus, pejabat pemerintah, komandan militer, dan pengawal kaum perempuan ataupun pelayan di

Orang kasim pertama disebutkan di Kekaisaran Asyur (l.k. 850 hingga 622 SM). Mereka pun biasa tampil di istana kaisar-kaisar Akhemenid dari Persia atau firaun dari Mesir (hingga dinasti Lagid yang dikenal sebagai Ptolemeus, yang berakhir dengan Cleopatra).Di Tiongkok kuno, pengebirian adalah salah satu bentuk hukuman tradisional (hingga Dinasti Sui) dan sarana untuk mendapatkan pekerjaan di kalangan istana Kaisar. Pada akhir Dinasti Ming ada 70.000 orang kasim di Istana kaisar. Jabatan seperti itu demikian berharga—orang-orang kasim tertentu berhasil mendapatkan kekuasaan yang demikian besar sehingga melampaui kekuasaan perdana menteris—sehingga pengebirian diri sendiri harus dilarang.

Jumlah orang kasim yang menjadi pegawai Istana Kaisar akhirnya menurun hingga 470 orang pada 1912, ketika mereka tidak lagi dipekerjakan. Orang-orang kasim diberikan jabatan-jabatan pegawai negeri yang demikian tinggi dengan alasan bahwa karena mereka tidak dapat mempunyai anak, mereka tidak akan tergoda untuk merebut kekuasaan dan memulai sebuah dinasti. Pada saat yang sama, sebuah sistem serupa juga ada di Vietnam.


4. Sati
http://img49.imageshack.us/img49/4918/sative9.jpg

Tradisi sati atau bakar diri hidupp-hidup,dianggap sebagai lambang kesalehan,sekaligus menunjukkan kepemilikan laki-laki atas perempuan,biasanya dilakukan oleh perempuan yang berkasta tinggi dan dipercaya hanya perempuan pilihan yang dapat melakukannya.tradisi sati dipandang sebagai alternatif yang lebih baik ketika seorang istri ditinggal mati oleh suami,daripada mereka mengalami penyiksaan dari saudara-saudara ipar,yang akan menyalahkan perempuan sebagai penyebab mati suami.

sati menjadi tradisi tidak hanya berlaku bagi istri,tetapi juga bagi istri simpanan,saudara ipar dan bahkan ibu,untuk mengorbankan dirinya diapi pembakaran jenasah laki-laki yang memiliki mereka.pelaku sati diagungkan sebagai pahlawan,sesuai dengan ajaran hindu.

5. Dueling
http://img79.imageshack.us/img79/9173/duelingly4.jpg

tradisi duel dipraktikkan pada abad 15-20 oleh masyarakat Barat, yang merupakan tanding antara dua orang, kematian dicocokkan dengan senjata, sesuai dengan aturan eksplisit atau implisit yang telah disepakati, sebagai lambang kehormatan, biasanya diiringi oleh perwakilan yang dipercaya.

dueling biasanya terjadi karena keinginan satu pihak (yang penantang)karena dianggap telah melakukan penghinaan terhadap kehormatannya. Tujuan dari dueling tidak laain adalah untuk kepuasan semata, untuk memulihkan status kehormatan mereka bersedia mempertaruhkan nyawa.dueling biasanya dilakukan bisa dengan pedang ataupun pistol.

6. Seppuku
http://img90.imageshack.us/img90/2973/seppukump4.jpg

seppuku disebut juga Harakiri,Salah satu tradisi yang menjadi kebanggan masyarakat Jepang, yang berasal dari kata hara yang berarti perut dan kiru yang berarti memotong. Harakiri juga dikenal dengan istilah seppuku. Kebiasaan harakiri ini dilakukan oleh prajurit berkelas dari kalangan samurai sebagai bukti kesetiaan. Bunuh diri yang dilakukan para Samurai ini sangat menyiksa, karena si pelaku harus menunggu kematian karena kehabisan darah setelah merobek dan mengeluarkan isi perutnya.

Ada ritual khusus yang harus dilakukan oleh Samurai jika ingin melakukan harakiri. Ia harus mandi, menggunakan jubah putih, dan makan makanan favorit. Pelaku harakiri ditemani seorang pelayan (kaishakunin), yang ia pilih sendiri. Kaishakunin ini bertugas membuka kimononya dan mengambilkan pisau yang akan digunakan. Jika pelaku harakiri menjerit atau menangis kesakitan saat ia menusuk dan mengeluarkan isi perutnya, hal tersebut dianggap sangat memalukan bagi seorang Samurai. Karena itu Kaishaku bertugas mengurangi penderitaan itu, mempercepat kematian dengan memenggal kepala si pelaku.

7. Human Sacrifice
http://img377.imageshack.us/img377/9549/humansacrificeef6.gif

Human Sacrifice adalah pengorbanan manusia,tindakan membunuh manusia untuk tujuan menawarkan persembahan kepada dewa atau lainnya. Dilakukan oleh banyak kebudayaan kuno. persembahan ini bervariasi,beberapa seperti Mayans dan Aztecs yang terkenal jahat mereka untuk upacara persembahan, sedangkan yang lainnya sudah tampak sebagai praktek primitif. Korban persembahan dibunuh dengan cara yang berbeda-beda,ada yang dibakar,dipenggal,atau dikubur hidup-hidup.dapar berupa anak kecil,atau gadis-gadis perawan.

ini adalah sejarah umum yang pernah ada didunia, Kebanyakan agama mengutuk praktek-ini dan undang-undang menganggapnya sebagai tindak pidana. Namun sampai hari ini,kadang masih ada yang melakukan tradisi tersebut terutama didaerah-daerah terpencil dimana kepercayaan tradisional masih berlanjut.

8. Concubinage
http://img253.imageshack.us/img253/2969/concubinesuh6.jpg

Concubinage disebut juga pergundikan. Foto di bawah menunjukkan sekelompok selir berdiri di belakang pelindung mereka(biasanya kasim).


Geisha berasal dari kata "Gei" yang berarti seni atau pertunjukan dalam bahasa Jepang dan "Sha" berarti orang, jadi Geisha (person of the arts) merupakan seorang seniman tradisional penghibur di Jepang. Di Kyoto sendiri, kata “Geiko” digunakan untuk gambaran para seniman seperti itu. Kehadiran geisha di abad 18 dan 19 merupakan hal yang umum dan hingga kini merekapun masih tetap ada walaupun jumlah mereka sdh semakin berkurang.

Geisha dilatih secara tradisional sejak masa kecil mereka. Rumah geisha sering membeli gadis-gadis kecil dari keluarga yang miskin dan mengambil tanggung jawab untuk membesarkan dan melatih mereka. Selama masa kanak-kanak, geisha yang dilatih pertama-tama bekerja sebagai pembantu, kemudian sebagai asisten senior rumah geisha, selain sebagai latihan ini juga dipakai untuk membantu kontribusi biaya pemeliharaan dan pendidikan mereka. Sistim tradisi latihan yang panjang ini masih tetap ada di Jepang, dimana seorang mahasiswa yang tinggal di rumah guru seninya, mulai melakukan pekerjaan rumah yang umum dan mengamati serta membantu gurunya hingga akhirnya berpindah untuk menjadi tuan bagi dirinya sendiri. Latihan ini memakan waktu beberapa tahun.

10. Tibetan Sky Burial
http://img233.imageshack.us/img233/8352/burungsu1.jpg

Tibet ialah sebuah kawasan penara di Asia Tengah dan petempatan asli bagi orang Tibet. Dengan ketinggian purata sebanyak 4,900 meter (16,000 kaki), Tibet merupakan rantau yang tertinggi di Bumi dan sering bergelar “Bumbung Dunia.”

Bagi masyarakat tibet yang beragama buddha ini, tanah tempat tinggal mereka terletak di atas gunung di mana tiada tanah lembut. Hampir kesemuanya diliputi batu atau salji/air batu.Oleh kerana tiada tanah perkuburan disebabkan keadaan geografi , mereka memberi mayat untuk dimakan oleh burung.

Disamping itu , dengan cara begitu dipercayai roh si mati akan kekal di gunung bersama burung berkenaan.Tindakan lelaki di dalam gambar di bawah memotong serta menghancurkan mayat adalah untuk memudahkan burung tersebut mempercepatkan proses ini.Mereka juga tidak mahu burung tersebut membawa anggota badan yang masih separa sempurna(seperti kepala, tangan dll) ke tempat lain.

Kamis, 23 Oktober 2008

Vote Calon pemain Terbaik dunia


pilih pemain yang menurut lw pantes jd pemain terbaik..comment yah!!!!

Sabtu, 04 Oktober 2008

ASAL USUL UCAPAN "MINAL AIDIN WAL FAIZIN"

bentar lagi idul fitri.. hore.. :) maka akan sering terdengar kalimat seseorang kepada saudaranya:
.
“minal ‘aidin wal faizin ya.. mohon maaf lahir dan batin..”
.
pernah gak c diantara ente-ente pada ada yang nanyain, apa c arti kalimat ini? apa bener ini artinya mohon maaf lahir dan batin???
.
coba yuk kita telusuri secara harfiah.. secara harfiah, makna kalimat ini adalah:
.
مِنَ العَائِدِينَ وَ الفَائِزِينَ
.
“dari orang-orang yang kembali dan orang-orang yang beruntung..”
.
ditinjau dari susunan katanya, agak ganjil melihat kalimat ini.. bisa dikatakan, ini bukan suatu kalimat sempurna atau yang biasa disebut al jumlah al mufidah. karena kalimat sempurna dalam bahasa arab ada dua, adakalanya disusun dari isim (kata benda) dan isim yang disebut jumlah ismiyyah dan dari fi’il (kata kerja) dan isim yang disebut jumlah fi’liyyah..
.
coba kita tengok kalimat di atas, tidak ada unsur kata kerja, maka yang paling mungkin kalimat di atas bisa dikategorikan jumlah ismiyyah.. namun, dari susunannya, kalimat di atas tidak memenuhi kriteria minimal jumlah ismiyyah. loh.. loh.. kayaknya dah nahwu bgt, gak usah diterusin deh. ntar pada bingung lagi.. :)
.
intinya, secara bahasa, kalimat di atas ganjil.. sebagaimana secara makna juga ganjil. ayo coba apa maksud perkataan:
.
“dari orang-orang yang kembali dan orang-orang yang beruntung..”
.
ane dan mungkin smuanya bakalan gak ngerti klo ada org yg ngucapin ini ke ane, maksud ucapannya apa.. iya toh???
.
ane mencoba mencari penafsiran sendiri dari kalimat ini, dengan melakukan takwil yang mungkin agak mendekati.. dalam hipotesa ane (ciaelah).. kalimat utuh ucapan populer ini adalah:
.
جَعَلَنَا اللهُ مِنَ العَائِدِينَ وَ الفَائِزِينَ
.
” Ja’alanallahu minal ‘aidin wal faizin”
.
dengan makna:
.
“semoga Allahu menjadikan kita bagian dari orang-orang yang kembali (fitri) dan beruntung”
.
aneh sekali memang, jika bagian inti kalimat termasuk kata kerja (fi’il), pelaku (fa’il), dan objek (maf’ul) dibuang secara serempak.
.
Yang lebih aneh lagi, coba deh nanti perhatiin beberapa versi yang keluar dari mulut orang indonesia.. ada yang make huruf ز semua.. minal ‘aizin wal faizin.. ada yg ذ semua.. minal a’idzin wal faidzin.. ada yg kombinasi keduanya, minal aidzin wal faidzin.. dan anehnya lagi, kesalahan ini juga sering terjadi di televisi.. coba deh, liat beberaoa hari lagi akan marak pejabat, politikus, atau direksi perusahaan yg bakalan ngucapin ini, lihat versi mana yg mereka gunakan.. :) klo bnr smua, walhamdulillah. :)
.
dan yang paling aneh adalah: dari manakah kalimat ini berasal? adakah sahabat nabi yang pernah mengucapkannya?
.
adakah ulama yang pernah mengucapkannya.. ternyata, cuma di sini loh, di Indonesia, kalimat ini begitu populer.. :)
.
entah siapa yang pertama kali mengucapkannya.. atau siapa orang yang pertama kali menulisnya.. inilah indonesia, dimana suatu ketidak jelasan menjadi masyhur.. sampai-sampai sesuatu yang jelas-jelas sunnah ditinggalkan begitu saja.. sebagaimana betapa banyak kaum muslimin indonesia yang begitu hafal wirid-wirid versi habib A, B, sampe z.. tetapi mereka tidak mengenal sedikitpun zikir pagi dan petang yang biasa Rasulullah ucapkan.. bahkan mereka tidak mengerti bagaimanakah zikir setelah shalat versi Rasulullah.. na’udzu billahi min dzalik…


ahsan bagi kita, jika ingin mengucapkan tahniah (ucapan selamat) lebih baik menggunakan kalimat:
.
تَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ
.
“semoga Allah menerima ibadah kami dan kalian”
.
Ibnu Hajar Rahimahullah mengatakan:
.
“telah sampai kepada kami riwayat dengan sanad yang hasan dari Jubai bin Nufair, ia berkata: “Jika Para sahabat Rasulullah saling bertemu di hari raya, sebagiannya mengucapkan kepada sebagian lainnya: “Taqabbalallahu minnaa wa minkum”. (Fathul Bari (II) 446)
.
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah ditanya tentang ucapan selamat di hari raya, beliau menjawab,
.
“Ucapan selamat hari raya sebagian mereka kepada sebagian lainnya jika bertemu setelah shalat ‘Id dengan ungkapan: Taqabbalallahu minna wa minkum dan A’aadahullahu ‘alaika serta ucapan sejenisnyaa, maka hal ini telah diriwayatkan dari sejumlah sahabat bahwa mereka melakukannya, dan telah diperbolehkan oleh para imam seperti Imam Ahmad,dll. Maka siapa yang melakukannya, ia memiliki panutan, dan yang meninggalkannya pun memiliki panutan.” (Majmuu’ Fatawa (XXIV/253)
.
kesimpulanna:
.
- boong bgt arti minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin.. meskipun dari segi penyebutannya terkesan padu dan serasi.. (sama-sama diakhiri “in”)
.
- klo mo ngucapin, pake yg ada riwayatnya aja.. tuh di atas dah dijelasin..
.
- makanya belajar bahasa arab! :) yuk belajar! kunjungihttp://www.arabic.web.id......
.
*Penukilan fatwa Ibnu hajar dan Syaikh Ibnu Taimiyyah diambil dari buku Lebaran Menurut Sunnah yang Shahih oleh Dr. Abdullah bin Muhammad bin Ahmad Ath Thayyar hal. 126 terbitan Pustaka Ibnu Katsir
.
wallahu subhanahu wa ta’ala a’lamu..
.
update, 28 Sep 08:
.
request seklaigus tambahan dari akh budi:
.
kata idul fithri:
.
عِيدُ الفِطْرِ
.
secara bahasa memiliki makna kembali berbuka, atau kembali makan (setelah sebulan penuh berpuasa). tetapi kenapa orang Indonesia mengartikannya kembali fitri (suci) ya? meski momennya memang tepat c.. tanya kenapa???
.
satu lagi kekeliruan yang dipelihara.. Ya Allah berilah kami ilmu agar tidak tersesat dari jalan Mu..
.
.